FREE shipping all around Indonesia | Ready stock | Money back guarantee | Re-sell & Return | Know more about this here.

Mengapa Imlek Identik dengan Warna Merah?

imlek aurum lab

Tahun Baru China atau yang dikenal sebagai Imlek merupakan hari yang penting bagi masyarakat Tionghoa. Pada tahun 2021 ini, Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari.  Biasanya perayaan Imlek dilakukan secara meriah bersama keluarga dan sanak saudara. Mulai dari kumpul keluarga, makan bersama, menyalakan kembang api, hingga berbagi angpao.

Satu hal yang paling identik dari Imlek adalah warna merah. Mulai dari lampion merah, amplop merah, hingga pakaian bernuansa warna merah. Tapi sebenarnya apa sih arti warna merah khususnya di hari raya Imlek?

Menurut legenda masyarakat Tionghoa, semuanya dimulai dari Nian. Seekor binatang buas yang meneror penduduk desa pada tahun baru. Tetapi akhirnya binatang buas tersebut dapat dikalahkan dengan tiga hal, yaitu api, kebisingan, dan warna merah. Sejak saat itulah warna merah menjadi identik dengan hari raya Imlek.

Maka dari itu, satu tahun sekali seluruh masyarakat Tionghoa berkumpul dan merayakan hari penting ini. Beragam dekorasi serta pakaian memiliki nuansa merah karena melambangkan harapan akan adanya keberuntungan, kemakmuran, dan kesejahteraan di tahun yang baru tersebut.

Warna merah yang juga merupakan warna dari matahari dan api diharapkan dapat memberikan suasana kebahagiaan serta pengharapan agar di tahun baru tersebut segala kesedihan dan kegelapan akan digantikan dengan kebahagiaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *