FREE shipping all around Indonesia | Ready stock | Money back guarantee | Re-sell & Return | Know more about this here.

Self-Care Lebih dari Sekedar ‘Me Time’

 

Self-Care Lebih dari Sekedar ‘Me Time’

Kata-kata ‘self-care’ dan ‘burn out’ tentunya bukan suatu hal yang asing lagi sekarang ini. Kita semua tahu bahwa self-care memainkan peranan penting dalam memastikan kita untuk hidup sehat. Self-care merupakan kunci untuk mencegah burn out atau kelelahan serta agar kita menjalani kehidupan yang memiliki tujuan dan produktif. Terlebih self-care sangat penting dimasa pandemi ini. 

Tapi ternyata self-care bukan hanya sekedar ‘me-time’ atau sekedar membaca buku lho. Ada banyak jenis self-care yang bisa kamu lakukan untuk membantu menambah dan meningkatkan energi diri kamu agar dapat berfungsi lebih baik secara fisik dan mental. Yuk lihat beberapa bentuk self-care.

  1. Physical Self-Care

Sebuah bangunan yang kuat membutuhkan pondasi yang kuat juga. Maka dari itu sangat penting untuk memenuhi jenis self-care yang paling mendasar dan sederhana untuk diri kamu setiap hari. Misalnya seperti menyikat gigi, mandi, minum air yang cukup setiap harinya, mengonsumsi makanan yang sehat, serta mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Jika semua kebutuhan dasar dari physical self-care sudah terpenuhi, nantinya akan lebih mudah untuk kamu memenuhi aspek self-care lainnya.

  1. Emotional Self-Care

Kemampuan untuk mengatur emosi dan mengatasi perasaan sangatlah penting untuk meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup kita. Itulah mengapa emotional self-care sangatlah penting. Dengan emotional self-care kita bisa lebih terhubung dengan emosi di dalam diri dan cara memproses emosi tersebut dengan sehat.

Beberapa contohnya untuk memenuhi kebutuhan emotional self-care adalah dengan journaling, berbicara dengan therapist  atau pakar mental profesional, atau meditasi. Dengan melakukan hal-hal tersebut, nantinya kamu akan lebih mudah untuk mengendalikan dan memproses emosi kamu ketimbang harus terus memendam atau melawan emosi tersebut.  

  1. Social Self-Care

Manusia merupakan makhluk sosial, yang berarti kita membutuhkan hubungan atau komunikasi dengan orang lain untuk berkembang. Social self-care berguna untuk memelihara hubungan dengan orang lain. Misalnya seperti interaksi sosial, bertemu dan bercengkrama dengan teman dekat.

  1. Professional Self-Care

Seringkali kita mendengar kata-kata ‘work-life balance’ atau menyeimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ternyata professional self-care juga penting dilakukan di kehidupan kita agar lebih efisien dan stress-free lho. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah seperti membuat kalender terstruktur atau daftar tugas yang memisahkan dan memberi batas antara hal-hal pekerjaan dan hal-hal kehidupan pribadi.

self care

  1. Financial Self-Care

Ketika kita mengalami masalah finansial, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap emosi diri kita yang menyebabkan stres, cemas, menciptakan pikiran negatif, hingga depresi. Untuk mempermudah menangani pemasukan bulanan, kamu bisa coba untuk mencatat pengeluaran sehari-hari atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi keuangan.

  1. Spiritual Self-Care

Spiritualitas adalah hal paling sakral dan pribadi dari seorang individu. Namun dengan melakukan beberapa spiritual self-care ini, kamu akan lebih merasa tenang. Seperti misalnya berdoa, menghabiskan waktu di alam terbuka, atau meditasi.

Memperhatikan self-care dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan diri kamu, karena self-care itu bagian dari self-love! Meskipun terlihat sepele, tapi self-care itu penting untuk membantu diri kita menghargai diri setelah melakukan banyak kegiatan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *