FREE shipping all around Indonesia | Ready stock | Money back guarantee | Re-sell & Return | Know more about this here.

What If I Fail? But Honey, What If You Fly?

Aurum Lab

Tidak sedikit perempuan yang merasa dirinya kurang berharga, tidak percaya diri, merasa orang lain lebih baik dari dirinya dan takut akan kegagalan. “What if i fail?” kata-kata tersebut seringkali keluar dari mulut kita tanpa kita sadari. Seringkali kita merasa takut untuk melangkah lebih jauh karena takut akan kegagalan yang akan kita alami. Ternyata tanpa kita sadari, ketakutan tersebut berakar dari rasa kurang percaya diri kita lho.

Maka dari itu, pada 3 April lalu Aurum Lab bersama dengan Indonesian Women League (IWL), sebuah komunitas dan platform pengembangan perempuan, mengadakan webinar bertemakan “Self Worth”. Webminar tersebut juga turut mengundang Elisa Jonathan, yang merupakan first runner up Miss Indonesia 2019 sebagai pembicara. 

Dalam seminarnya, Elisa menjelaskan bahwa Self Worth merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang bahwa dirinya berharga, terlepas dari kualitas atau pencapaiannya. Dengan mengetahui self worth, kita dapat menjadi sadar akan seberapa berharganya dan bernilainya diri kita sendiri.

Belajar untuk menerima diri sendiri dengan segala kekurangan tentulah bukan hal yang mudah. Butuh waktu yang lama agar kita bisa sampai ke titik tersebut. Dalam seminar, Elisa turut menceritakan kisah perjuangannya agar sampai ke titik dimana ia bisa menerima dirinya. 

Menurutnya, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk kita bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Pertama adalah menghargai diri sendiri. Kita harus percaya bahwa kita sudah diciptakan oleh Tuhan secara sempurna dan percaya kita bisa melakukan semua hal tanpa batas. Kedua adalah untuk berhenti mengasihani diri sendiri, dalam artian bahwa kita harus belajar untuk tidak mudah menyerah jika dihadapkan dengan satu masalah kecil. Serta cara ketiga adalah untuk memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita. 

Meskipun kadang kita sudah bisa menerima diri kita sendiri, namun seringkali kita masih merasa takut untuk melangkah dan takut jika kita di kemudian hari akan gagal. Kegagalan merupakan suatu hal yang pasti akan kita alami. Namun sebenarnya kegagalan juga merupakan suatu pembelajaran hidup.

Salah satu pesan penting yang diberikan Elisa adalah untuk tidak takut sebelum mencoba. Dari kegagalan kita pasti akan mendapatkan suatu pelajaran. Sama seperti ikan yang hidup di akuarium kecil berbeda dengan ikan yang hidup di lautan. Meskipun laut terlihat lebih menakutkan, tapi pastinya akan lebih indah. Sama halnya seperti hidup, kita tidak akan berkembang dan melihat keindahan yang lain jika terus berada di zona nyaman. Percaya akan kemampuan dan percaya bahwa kita berharga merupakan kunci dari keberhasilan.

Hal tersebut sejalan dengan misi Aurum Lab. Aurum Lab percaya bahwa wanita diciptakan berharga seperti emas. Bagaimanapun tampilan yang terlihat dari luar, wanita merupakan pribadi yang kuat, berharga, dan bernilai tinggi. Sama seperti emas yang harus ditempa sedemikian rupa untuk menghasilkan perhiasan indah, kita sebagai wanita pasti akan mengalami berbagai rintangan sebelum akhirnya bersinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *